Bermain Warna dan Bentuk

Assalamualaikum Wr.Wb. parents !!!!

Haii parents.. ^^ 
Saat ini usia Zyan sudah 2 tahun 1 bulan, semakin banyak perkembangan yang di alaminya. Seiring dengan kemampuan bicaranya yang sudah lancar dan jelas juga kemampuan mengingatnya yang cukup bagus, saya mencoba mengajaknya untuk bermain mengenalkan warna dan bentuk. Tujuan saya juga untuk mengecek penglihatan dan pendengaran sekaligus mengasah kemampuan mengingatnya. Saya sudah sering mengenalkan warnanya, Zyan pun sudah bisa menyebutkan warna-warna premier seperti merah, kuning, hijau, dan biru namun kemampuan asosiasinya kadang masih belum benar. Sehingga kalau dia ditanya benda ini warna apa belum tentu ia jawab dengan benar.

Penelitian Dr.Nikki Pitchord dari Universitas Nottingham, Inggris dan Dr.Kathy Mullen dari Universitas McGrill, Kanada tentang perkembangan kognitif warna menemukan bahwa anak usia 3 tahun bisa menyebutkan warna merah, oranye, hijau, biru, ungu, merah muda, hitam dan putih dengan benar. Namun, anak-anak membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebutkan warna cokelat dan abu-abu dengan benar. Ada beberapa hal yang saya lakukan dalam rangka mengenalkan warna pada Zyan.

  • Zyan mulai saya kenalkan warna-warna premier terlebih dahulu seperti merah, kuning dan biru. Yang saya rutin lakukan adalah komunikasi terlebih dahulu. Saya selalu mengajak Zyan ngobrol dan berbicara termasuk soal warna, contohnya saya menunjuk langit yang berwarna biru "liat z, langit itu diciptakan Allah berwarna biru". "Ada mobil tuh z warnanya merah" sambil menunjuk mobil. Menurut saya jika dilakukan komunikasi semacam ini secara berulang maka, anak pun akan familiar.
  • Saya selalu menyelipkan soal warna ini disela-sela saya meminta tolong pada Zyan misalnya "Z tolong bantu muyya ambilkan handuk berwarna merah." dan Zyan pun mengambil handuk berwarna coklat.. hehehehe. " Zyan, tolong ambilkan jepitan baju warna kuning." menurut saya cara ini efektif karena lambat laun si kecil akan terbiasa. 
  • Selain itu saya juga menyelipkan hal sama pada warna makanan yang dia makan, seperti sayur bayam yang warnanya hijau, jagung yang warnanya kuning, semangka dengan warna merah, nasi warna putih dan lain-lain. Intinya sih sebenarnya komunikasi.
  • Mengajak Zyan bermain sambil mengenalkan warna. Saya menggunakan media jepitan baju yang berwarna warni untuk bermain, pertama saya campurkan keseluruhan jepitan di ember kecil dan menyediakan tempat lain yang berbeda warna. Saya cukup tercengang juga melihat Zyan bisa mengelompokan warna, tapi Zyan belum bisa tepat menyebutkan warnanya, hanya mencocokkan saja. Zyan senang dengan bermain jepitan ini, karena warnany yang cukup menarik perhatian anak seusianya. ketika dia berhasil Zyan pun berteriak dengan riang "Muyya, aku bisaaa, coba sekarang muya??" malah teriak seperti itu.. hahahaha *emaknya kalah.. sssttt parents, cara ini pun melatih motorik si kecil loh dengan memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain... ;-), tidak itu saja saya pun mengajak Zyan bermain puzzle yang berwarna-warni dan mewarnai buku gambar dengan krayon.
Zyan sedang bermain sambil mengasah kemampuannya mengelompokan warna yang sama.
 Selain warna saya juga mulai mengenalkan bentuk-bentuk standar kepada Zyan seperti bulat, kotak dan segitiga. Tujuan saya hanya ingin menstimulasi kemampuannya saja dan memperkenalkan Zyan berbagai bentuk lewat mainan dan benda-benda yang ada disekitar. Saya berharap dengan pengalaman bermainnya ini, minimal ia bisa mengenal aneka warna dan bentuk. Insha Allah ini akan memberikan dampak yang positif untuk Zyan dan kemampuan koginitifnya akan semakin terasah. 

Jurus andalan saya lagi-lagi adalah komunikasi, intens ngobrol dengan Zyan kapanpun, dimanapun.. mengenalkan bentuk mainan dan benda-benda yang ada disekitarnya. Memang hal ini sangat dibutuhkan kesabaran dan konsistensi orang tua, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan akhirnya sekarang Zyan bisa mengenal bentuk-bentuk mainannya, hanya saja dia belum bisa mengasosiasikannya hanya sekedar bentuhnya. Namun lambat laun saya yakin Zyanpun bisa.. Sampai akhirnya saya memberikan permainan tebak bentuk.. Dan saya kembali tercengan Zyan bisa!!! *horeeeyyy.. yaaa tapi kadang msh tertukar juga. 

Awalnya saya hanya menggambar beberapa bentuk standar di selembar kardus dengan gambar wajah, dan membuat potongan kecil di kertas warna dan ingin membuat puzzle sederhana,  karena Zyan suka puzzle. ehhh, ketika iseng saya tanya bentuk bulat "Zyan, ini bentuk apa?" Zyan tidak menjawab malah langsung menaruhnya di atas bulatan besar di kardus dan begitulah selanjutnya.. Saya mengumpamakan wajah yang bulat adalah wajah Zyan, yang kotak wajah buya dan yang segitiga adalah wajah muyya... aw... aw... aw... 





Dan akhirnya Zyan bisa menyelesaikannya... horeeeyyy.. Dia pun mengulanginya berkali-kali. Setelah itu saya mencoba mengambilkan kotak mainannya dan mengambil bola, saya bertanya " Z, kalo bola seperti muka siapa?" dan dia menaruh bola diatas bulatan besar di kardus "Muka Zyannnn .. bulet yaa muy??" teriaknya. hahaha... Dan begitulah seterusnya....





 Yaahh begitulah kegiatan saya dan Zyan sehari-hari. Main..Main dan Main.. 

Sebagai informasi parents bahwa pengenalan warna dan bentuk bisa mengembangkan kecerdasan. Dapat mengasah kemampuang mengingat dan pola pikir yang kreatif. Di usia batita, menurut Drs. Hapidin, MPd. , anak memang harus dikenalkan pada bentuk dan warna. "Malah, pengenalan bentuk dan warna merupakan salah satu komitmen pendidikan yang dilontarkan oleh pakar pendidikan dari Jerman, John Hendrick Pestalozzi. Dia mengatakan, pembelajaran pada anak batita harus menekankan pada AVM, yaitu Auditory, Visual dan Memory," tutur Ketua Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ini

Oia parents, kita sebagai orang tua paling tahu kemampuan anak kita. So jangan memaksanya, tapi bermainlah dengan menyenangkan bukan dengan paksaan. Jadilah orang tua yang kreatif untuk anak-anak (catatan untuk saya). Serta selalu bersabar, konsisten dan selalu berkomunikasi dengan anak.. GOOD LUCK parents !!!

^^Fera^^


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Baguusss Zyaan...

    AKU sayange kurang kreatif siih, makasih maak.. Noofa kayane suka kalau diajak main begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, Ayoo mak dicoba.. Noofa pasti suka.. Semangat jadi orang tua mak Noorma.. :-)

      Delete